Sunday, September 10, 2017

Array PHP


Muhammad Aqshol Rifanza -  Sekarang kita akan belajar mengenai array pada PHP. Apa itu array, bagaimana array itu. kita akan bedah sekarang.

Pengertian
Array adalah salah satu tipe data PHP atau variabel spesial yang mampu menyimpan banyak data atau nilai. Tipe data array sudah dijelaskan pada Tutorial PHP tipe data sebelumnya dan saya hanya membahas sedikit tentang array.

Karena array memiliki banyak data, maka isi dari array ditandai dengan angka pada tiap-tiap isi dari array. Angka pada masing - masing isi array dimulai dari 0,1,2,3 dan seterusnya. Ada dua cara penamaan atau pemanggilan isi array. Yaitu dengan cara memanggil menggunakan angka default array, dan bisa juga dengan memberikan penamaan pada masing - masing array.


Tipe Array

  • Indexed Array - Array dengan index numeric / dengan nomor urutan
  • Associative Array - Array dengan key bernama
  • Multidimentional Array - Array yang berisi satu atau lebih array
Memanggil Data Pada Array Dengan Urutan / Indexed Array
Secara default, tiap - tiap isi dari variabel array diberi nomor urut atau yang disebut dengan index, yaitu dimulai dari 0.


Membuat dan Memberi Penamaan Pada Isi Array / Associative Array


Penerapan Array Dengan Looping / Perulangan


function count() berguna untuk menghitung jumlah isi array. Perulangan for di atas akan menghasilkan 0 sampai 3. Kenapa tiga ? karena kita menggunakan lebih kecil dari jumlah isi array. Sehingga kita bisa menampilkan isi array menggunakan angka for. Jadi kesimpulannya syntax di atas akan menjadi seperti ini.


Kesimpulan
Jadi dengan array ini kita dapat menyimpan banyak nilai dengan penulisan syntax yang minimum. Akan saya jelaskan lagi penulisan array dan istilah - istilah dari penulisan array.


Referensi
  • http://www.script-kiddies.org

0 comments:

Post a Comment