Tuesday, May 1, 2018

Installasi Sublime Text 3

Sublime text 3 adalah salah satu code editor yang sebenarnya adalah berbayar, namun pihak sublime text sendiri memberikan kemudahan kepada seluruh pengguna sublime text dengan menyediakan bagi penggunak untuk menggunakannya secara gratis sebagai tahap percobaan.

Sublime text adalah editor teks yang canggih untuk code markup dan prosa. anda akan menyukai antarmuka pengguna yang apik dengan fitur yang luar biasa dan performa yang luar biasa pula. 

Editor teks ini juga banyak mendukung bahasa-bahasa pemrograman. saya contohkan saja seperti PHP, Pascal, HTML, CSS, Java, Java Script, ASP, C, C#, C++ dan masih banyak lagi. Tentunya dalam satu aplikasi ini kita dapat menggunakannya untuk keperluan dari belajar bahasa-bahasa pemrograman.

Aplikasi ini sudah banyak sekali dipakai oleh para pengembang web, program mobile, aplikasi-aplikasi desktop. Jika kita hanya sebatas belajar kita bisa menggunakan aplikasi ini secara gratis (free) tentunya. Namun jika kita sudah dapat menghasilkan ada baiknya kita menggunakan aplikasi ini dengan resmi (berbayar) kepada pihak sublime text. Karena dengan berbayar kita dapat mengucapkan rasa terima kasih kepada pihak sublime text yang sudah membuat aplikasi ini.

Jika teman-teman ingin mencoba aplikasi sublime text ini, teman-teman bisa mendownloadnya di website resminya sublime text. atau klik disini Sublime Text

Berikut ini adalah tampilan website resminya dari sublime text (sublime text 3). Teman-teman bisa mendownload sesuai dengan sistem operasi komputer masing-masing "lihat kotak biru".
  • OS X → Biasanya pengguna Apple
  • Windows → Windows 7,8 dan 10 (32bit)
  • Windows → Windows 7,8 dan 10 (64bit)
  • Linux → Pengguna OS Linux "ubuntu" (32 dan 64bit)

Bagaimana cara menginstal aplikasi ini? disini saya juga akan memberikan tutorial Cara Menginstal Sublime Text 3 ini. Teman-teman bisa ikuti tutorial ini sampai dengan selesai.

Cara Menginstal Sublime Text 3

1. Pertama :
Jika teman-teman sudah berhasil mendownload sublime text 3. silahkan kita mulai untuk instalasi sublime text 3 ini diperangkat kita masing-masing dengan cara klik 2x "double klik" kemudian klik Run(gambar ke 2) Jika ada jendela pertanyaan klik YES. Lihat contoh gambar di bawah ini.

Cara Menginstal Sublime Text 3

Cara Menginstal Sublime Text 3

2. Kedua :
Pada tahap ini teman-teman cukup klik Next saja.

Cara Menginstal Sublime Text 3

3. Ketiga :

Tahap selanjutnya teman-teman bisa menentukan lokasi penimpanan perangkat lunak sublime text akan di tempatkan di mana? Saya disini tetap menyimpannya di Drive (C).  Lalu Next

Cara Menginstal Sublime Text 3

4. Keempat :
Langkah ini saya tidak melakukan apa-apa. Cukup klik Next saja

Cara Menginstal Sublime Text 3

5. Kelima :
Langkah ini kita akan mulai menginstal. Silahkan klik Instal


Cara Menginstal Sublime Text 3

6. Keenam :
Langkah ini "tunggu proses instalasi selesai" kemudian klik Finish


Cara Menginstal Sublime Text 3
Cara Menginstal Sublime Text 3

7. Ketujuh

Setelah klik finish artinya proses instalasi sudah selesai. Teman-teman bisa mengecek Sublime text yang sudah kita instal tadi dengan cara klik Start (logo windows) kemudian cari Sublime text. Lihat contoh gambar dibawah ini. Aplikasi sublime text 3 sudah berhasil terinstal di perangkat komputer saya.

Cara Menginstal Sublime Text 3

Untuk memindahkan sublime text ini ke layar desktop anda / layar monitor komputer anda cukup dengan cara menyeret (drag) aplikasi tersebut ke layar monitor). Silahkan buka aplikasinya.

Ini lah bentuk Code Editor sublime text 3 yang sudah kita instal tadi. Saya ingatkan sekali lagi "perhatikan tanda panah merah" . Disana tertulis "untiled-sublime text (UNREGISTERED)" Artinya Aplikasi ini belum sepenuhnya milik kita "teregistrasi". Ibaratnya kita hanya meminjam aplikasi ini. Namun pihak sublime text meminjamkan kita tidak hanya berlaku 30 hari saja seperti aplikasi lain. Aplikasi ini dipinjamkan sampai kapanpun (sampai kita mampu untuk membeli sublime text 3 ini).

Sampai disini saya rasa teman-teman cukup paham. Jika ada pertanyaan silahkan isi kolom komentar di bawah ini. dan jangan lupa share / bagikan ke teman yang lain yang juga membutuhkannya. Terima Kasih.

0 comments:

Post a Comment