Thursday, July 20, 2017

Paragraf Pada HTML


Muhammad Aqshol Rifanza - Setelah paham tentang format text, kini saya masuk ke paragraf.

Penegertian
Paragraf merupakan suatu tag yang digunakan untuk membuat suatu element dalam penulisan HTML atau gampangnya untuk membuat sebuah paragraf dalam halaman website. Dalam paragraf itu sendiri terdapat 4 element yang dapat dikombinasikan langsung dengan tag <p> atau paragraf.

Element Tag Paragraf
  1. Paragraf rata kiri menggunakan align left
  2. Paragraf rata kanan menggunakan align right
  3. Paragraf rata tengah menggunakan align center
  4. Paragraf rata kanan kiri menggunakan align justify
Penulisan tag Paragraf
HTML menggunakn tag khusus untuk membuat sebuah paragraf yaitu mengguanakan tag <p>. Jita tidak menggunakan tag <p> maka hasilnya :



Perhatikan diatas, walaupun sudah di enter tetap saja pada saat dibuka pada browser akan menyatu dan enternya tidak ngefek. Dan penulisan yang benar adalah :


Dapat kita lihat antara paragraf satu dan paragraf dipisahkan. Yaitu dengan cara menggunakan tag <p> dan ditutup dengan </p>

Jenis Paragraf
Rata Kiri

Rata Kanan

Rata Tengah

Rata Kanan Kiri

Jika ditulis semua maka akan :

Paragraf <br>
Kita juga dapat menggunakan tag <br> yang jika di ibaratkan keyboard adalah ENTER. Jadi dengan tag ini kita dapat membuat baris baru dengan tag ini dan menurut saya lebih simpel menggunakan tag <br> alasi break daripada menggunakan tag <p> tapi tergantung kondisi penulisanya. Berikut contohnya :

Kesimpulan
Dapat kita lihat dan kita ambil kesimpulan bahwa tag <br> berfungsi untuk memisahkan teks satu dengan yang lain atau meng ENTER kalo dalam bahasa saya hehe. Perbedaan antara tag <br> dengan <p> adalah jarak barisnya, tag <p> memiliki jarak baris yang lebih lebar daripada tag <br> . Jika memang membutuhkan paragraf dalam dokumen HTML kita gunakan saja tag <p>

Referensi
  • http://www.script-kiddies.org
  • http://www.w3school.com


Sekian postingan kali ini, sampai berjumpa lagi ...

0 comments:

Post a Comment