Tuesday, November 7, 2017

Internet Of Thinks


Pengertian
Internet untuk Segala (bahasa InggrisInternet of Things, atau dikenal juga dengan singkatan IoT) merupakan sebuah konsep yang bertujuan untuk memperluas manfaat dari konektivitas internet yang tersambung secara terus-menerus.

Latar Belakang

Perkembangan teknologi sekarang makin canggih, dengan kita mengenal Internet Of Thinks kita bisa mendapat gambaran tentang betapa canggihnya tekonologi jika digunakan dan dimanfaatkan dengan baik. Dan Internet Of Thinks ini merupakan sebuah konsep yang akan menjadi tantang di dunia IT.


Maksud dan Tujuan

Mengenal dan memahami tentang Internet Of Thinks.


Hasil yang Diharapkan

Dapat memahami konsep tentang Internet Of Thinks.



Paparan
Pada dasarnya, Internet of Things mengacu pada benda yang dapat diidentifikasikan secara unik sebagai representasi virtual dalam struktur berbasis Internet. Istilah Internet of Things awalnya disarankan oleh Kevin Ashton pada tahun 1999 dan mulai terkenal melalui Auto-ID Center di MIT.Dan kini IoT menjadi salah satu tugas bagi seorang mahasiswa di sebuah perguruan tinggi.


Cara Kerja Internet Of Thinks

Cara Kerja Internet of Things yaitu dengan memanfaatkan sebuah argumentasi pemrograman yang dimana tiap-tiap perintah argumennya itu menghasilkan sebuah interaksi antara sesama mesin yang terhubung secara otomatis tanpa campur tangan manusia dan dalam jarak berapa pun.Internetlah yang menjadi penghubung di antara kedua interaksi mesin tersebut, sementara manusia hanya bertugas sebagai pengatur dan pengawas bekerjanya alat tersebut secara langsung.



Tantangan terbesar dalam mengkonfigurasi Internet of Things ialah menyusun jaringan komunikasinya sendiri, yang dimana jaringan tersebut sangatlah kompleks, dan memerlukan sistem keamanan yang ketat. Selain itu biaya yang mahal sering menjadi penyebab kegagalan yang berujung pada gagalnya produksi.


Pembagian Internet Of Thinks

  • Sektor Pembangunan
  • Sektor Energi
  • Sektor Rumah Tangga
  • Sektor Kesehatan
  • Sektor Industri
  • Sektor Transportasi
  • Sektor Perdagangan
  • Sektor Keamanan
  • Sektor Teknologi dan Jaringan
Pengimplementasian
Pengimplementasian Internet of Things terwujud dalam produk Speedy Monitoring. Produk ini diluncurkan oleh PT Telkom guna menangkap, merekam, dan memonitor suatu ruangan atau area tertentu dengan menggunakan IP Camera yang terhubung ke jaringan Speedy. Kelebihan produk ini adalah kita dapat mengakses hasil monitoring kamera dan memanajemen sistem ini melalui web browser. Baik melalui desktop maupun mobile phone. Keistimewaan dari produk Speedy Monitoring adalah tersedianya media penyimpanan yang ditangani secara terpusat sehingga kita hanya perlu menyediakan kamera dan tak perlu repot lagi dengan urusan penyediaan tempat penyimpanan data dan penyediaan server. Dapat mengawasi dan mengontrol suatu tempat dan keadaaan saat kapanpun dan dimanapun adalah idaman. Tentunya dengan IOT mempermudah kita mengawasi dan mengontrol apapun tanpa terbatas jarak dan waktu (online monitoring), termasuk memonitor keadaan rumah (home monitoring). Jika Home Monitoring dapat dilakukan dengan mudah, setiap waktu, dan dari media akses apapun tentunya kita akan merasa aman dan nyaman meninggalkan rumah apalagi dalam jangka waktu yang lama. Maka dari itu dengan Internet of Things kita dapat mengendalikan segala sesuatu melalui sebuah perangkat dan mempermudah dalam melakukan segala aktivitas.

Kesimpulan

Manfaat dari Internet Of Thinks itu sendiri antara lain :

  • Pekerjaan yang kita lakukan menjadi cepat, mudah, dan efisien.
  • Kita juga bisa mendeteksi pengguna dimanapun ia berada. 

Referensi

0 comments:

Post a Comment