Friday, November 3, 2017

Mempercantik Tampilan AutoIndex Dengan CMS PHP Directory Lister


Pengertian
Directory Lister adalah script simple yang dibangun dengan PHP yang digunakan untuk membuat list direktori beserta sub-direktori pada apache menjadi lebih indah. Directory Lister juga memeiliki fitur-fitur yang tidak dimiliki oleh Autoindex default apache, contohnya fitur dimana kamu bisa melihat size file, fitur yang memerlihatkan tanggal perubahan file terakhir, dll. Directory Lister ini cocok untuk digunakan oleh pengguna yang ingin menyimpan file-nya di apache untuk kemudian dibagikan ke orang lain dengan mudah.

Latar Belakang
Cara termudah untuk berbagi file atau upload file agar bisa diunduh oleh Client pada server adalah dengan memanfaatkan fitur Autoindex directory pada apache, namun tampilan default dari AutoIndex apache ini dirasa kurang menarik sehingga perlu dilakukan instalasi CMS PHP Directory Lister untuk memperindah tampilan autoindex tersebut.

Alat dan Bahan

Jangka Waktu Pelaksanaan
5 Menit

Tahapan Pelaksanaan
1. Download file CMS PHP Directory Lister terlebih dahulu
2. Kemudian ekstrak file tersebut
3. Reneme dengan nama repository
4. Pindahkan ke directory /var/www/html
5. Masuk ke directory /var/www/html/repository/resource
6. Rename file default.config.php menjadi config.php
7. Beri hak akses pada directory repository/ dengan perintah


chown -R www-data:www-data data/
chmod -R 755 data/


8. Kemudian buka pada browser dengan URL http://localhost/repository/


KesimpulanSetelah kita berhasil memasang CMS Direktory Lister, autoindex sudah menjadi lebih keren tampilanya. Nah untuk menambah direktori atau file baru adalah dengan cara memindahkan file yang akan ditampilkan ke direktori /var/www/html/.

Referensi

0 comments:

Post a Comment