Monday, August 28, 2017

Kondisi IF dan ELSE Pada PHP


Muhammad Aqshol RifanzaKondisi if Else bisa sobat ibaratkan dengan pengecekan jika maka pada kenyataanya. Fungsi if else sangat dibutuhkan pada saat sobat ingin memeriksa sebuah kondisi. Pada setiap logika terkadang kita memerlukan pengecekan suatu nilai yang jika terpenuhi untuk melakukan suatu dan jika pengecekan pertama tidak terpenuhi maka ada pengecekan kedua yaitu else.

Kondisi IF dan ELSE

Kondisi if Else bisa sobat ibaratkan dengan pengecekan jika maka pada kenyataanya. Fungsi if else sangat dibutuhkan pada saat sobat ingin memeriksa sebuah kondisi. Pada setiap logika terkadang kita memerlukan pengecekan suatu nilai yang jika terpenuhi untuk melakukan suatu dan jika pengecekan pertama tidak terpenuhi maka ada pengecekan kedua yaitu else. Dapat kia bayangkan tentang kondisi if else ini seperti misalnya sobat memiliki seorang teman. Jika nama teman anda adalah adi maka dia adalah laki - laki bukan perempuan. Mungkin sedikit sulit jika dijelaskan, Akan sangat membantu sobat untuk memahami logika kondisi if else ini menggunakan contoh yang saya sediakan

Persyaratan

  • IF - mengeksekusi beberapa kode jika salah satu kondisi benar
  • ELSE - mengeksekusi beberapa kode jika kondisi benar dan kode lain jika kondisi itu adalah palsu / salah
  • ELSEIF - mengeksekusi kode yang berbeda selama lebih dari dua kondisi






Perhatikan pada contoh di atas. Kita memiliki sebuah variabel yang bernama teman. Kemudian isi dari teman adalah "Aqshol". Jadi logikanya seperti ini, Jika variabel teman memiliki nilai "Aqshol" maka akan muncul kata "Dia adalah temanku" jika tidak maka akan muncul "Dia bukan temanku" . Berhubung isi dari variabel adalah Aqshol maka muncul kata "Dia adalah temanku".

Kesimpulan

Oke jadi kesimpulanya PHP memiliki fungsi untuk cek meng cek kondisi suatu nilai . Kita bisa menggunakan If Else dan juga Else if seperti yang sudah dijelaskan di atas. Tetapi contoh di atas adalah contoh yang sangat sederhana, Website - website besar memiliki kondisi if else yang sangat wow. Jadi kondisi if else sangat penting kita terapkan dalam website atau aplikasi yang akan kita buat.

0 comments:

Post a Comment